Prodi Bimbingan dan Konseling Gelar Workshop BIMTEK untuk Meningkatkan Kompetensi Tenaga Pendidik

Universitas Jambi, 23 Agustus 2023 – Dalam rangka meningkatkan mutu dan keahlian di bidang Bimbingan dan Konseling, Universitas Jambi telah sukses melaksanakan Workshop BIMTEK yang bertema “Peningkatan Kita sebagai Calon Guru Bimbingan dan Konseling tentang Penggunaan Instrumen di Sekolah”. Acara ini dihadiri oleh praktisi berpengalaman, Dr. Silvianetri, M.Pd., Kons dan Dr. Irman, S.Ag., M.Pd serta melibatkan mahasiswa dari Program Studi Bimbingan dan Konseling.

Drs. Nelyahardi, M.Pd, Ketua Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Jambi, menyampaikan tujuan dari workshop ini. “Kami ingin memberikan bekal yang solid kepada mahasiswa kami, agar nantinya dapat tampil sebagai guru bimbingan dan konseling yang kompeten dan berdaya saing di lingkungan sekolah,” katanya.

Kegiatan ini mencakup sesi praktik langsung yang dilakukan oleh mahasiswa di bawah arahan langsung dari para pemateri. Mahasiswa berkesempatan untuk menerapkan pengetahuan yang mereka peroleh dalam skenario bimbingan dan konseling simulasi. Ini memberikan pengalaman praktis dalam menggunakan instrumen non-tes dan tes dalam konteks sebenarnya.

Tidak hanya itu, workshop ini juga diadakan secara luring dan daring melalui platform Zoom dan disiarkan secara live melalui YouTube. Hal ini memungkinkan para peserta dari berbagai lokasi untuk mengikuti acara tanpa batasan geografis. Format daring ini memperkaya interaksi dan partisipasi dalam diskusi, sambil mematuhi langkah-langkah kesehatan yang diperlukan.

Dr. Silvianetri, M.Pd., Kons, seorang praktisi ulung dalam bidang bimbingan dan konseling, membawakan materi tentang penggunaan instrumen non-tes. Beliau mengedepankan pentingnya metode observasi, wawancara, dan teknik non-tes lainnya dalam memahami siswa secara komprehensif. Para peserta mendapat insight dari contoh kasus nyata, memahami bagaimana mengumpulkan informasi yang mendorong perkembangan siswa dalam berbagai aspek.

Sementara itu, Dr. Irman, S.Ag., M.Pd., pemateri lain dalam acara ini, membahas penggunaan instrumen tes dalam bimbingan dan konseling. Dengan latar belakang di bidang psikologi pendidikan, Dr. Irman memaparkan jenis-jenis tes yang relevan dalam pendidikan serta cara efektif mengaplikasikannya. Materi yang disajikan memberikan wawasan mendalam mengenai proses pengembangan dan implementasi instrumen tes.

Peserta workshop, mayoritas terdiri dari Guru, Konselor, dan Mahasiswa BK, aktif terlibat dalam semua sesi. Diskusi dan pertanyaan yang digunakan memperkaya pemahaman peserta tentang penerapan instrumen non-tes dan tes dalam praktek bimbingan dan konseling.

Di akhir acara, diharapkan pengetahuan yang diperoleh dari Dr. Silvianetri, M.Pd., Kons, dan Dr. Irman, S.Ag., M.Pd., akan memberikan dampak positif pada peningkatan layanan instrumen dalam bimbingan dan konseling. Dengan pemahaman yang lebih dalam tentang instrumen non-tes dan tes, para profesional di bidang ini diharapkan dapat memberikan pendekatan yang lebih komprehensif dan efektif dalam membantu perkembangan siswa dalam berbagai aspek kehidupan.

Tinggalkan Balasan